Sabtu, 13 Desember 2014

Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi atau biasa juga disebut teknologi komuni kasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh Teknologi inilah yang memungkinan seseorang dapat mengirimkai informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letakny; berjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tak ada lagi.Ratusanata bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomun kasi secara online karena kehadirannya.
Sejauh ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi, antara lain berupa:

  1.    ATM
ATM telah menjadi mesin yang umum dijumpai di Indonesia. Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang.Dengan menggunakan alat ini, pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.
  2.    Telekonferensi
Telekonferensi, atau yang juga dikenal dengan sebutan video-konferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan bertatap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi Internet, videokonferensi mudah sekali untuk diimplementasikan.Masing-masing pihak yang hendak berkomunikasi cukup duduk menghadap komputer yang telah dilengkapi dengan kamera yang dinamakan webcam.
  3.    Telecommuting
Telecommuting berarti bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah atau bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mulai umum dilakukan, terutama pada jenis pekerjaan yang memang tidak mungkin dilakukan di kantor (misalnya wartawan yang sedang memburu berita) atau pada jenis pekerjaan yang tidak memerlukan orang untuk datang ke kantor (misalnya pemrogram, yang membuat program komputer).
  4.    Komputasi Grup Kerja

Komputasi grup kerja (workgroup computing), atau juga dinamak komputasi kolaboratif, adalah grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah.Teknologi seperti ini umum digunakan oleh pihak manejemen perusahaan untuk melakukan rapat virtual (rapat yang diadakan dengan masing-masing pihak berada dalam ruangan terpisah) guna melakukan pengambilan keputusan.Hal seperti ini mudah direalisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan groupware (misalnya Lotus Notes dan MS NetMeeting).
  5.    EDI

EDI (Electronic Data Interchange) merupakan suatu sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yangjuga telah memiliki sistem informasi

Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog atau digital.
Ø  Isyarat Analog
            Isyarat analog biasa juga di sebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karateristik gelombang.Isyarat analog mempunyai ciri yaitu memiliki amplitudo dan frekwensi
Ø Isyarat Digital
                        Isyarat digital biasa juga di sebut isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit, yaitu berupa keadaan 0 dan keadaan 1
       Dalam prakteknya, komunikasi antar komputer kadang mengalami perubahan dari isyarat analog ke digital dan sebaliknya, dengan menggunakan peranti modem.Modem adalah peranti yang biasa di gunakan kalau dua buah komputer ingin berkomunikasi jarak jauh.Dalam hal ini modemmengubah isyarat digital menjadi isyarat analog pada sisi pengirimdan mengubah isyarat analog menjadi isyarat digital pada sisi penerima
Kecepatan data dalam system komunikasi data biasanya di nyatakan dengan istilah berikut :
Ø  Laju Bit ( seringkali di sebut laju data ) menyatakan jumlah bit  per detik.
Ø  Laju Baud ( seringkali di sebut baud saja ) menyatakan kecepatan isyarat ( baik analog maupun digital ) yang melalui kanal atau jumlah elemen isyarat per detik.
Transmisi data dapat di bedakan menjadi dua macam :
*       Transmisi Serial.
             Transmisi serial pada setiap waktu hanya 1 bit yang di kirimkan.
*       Transmisi Paralel.
             Transmisi paralel, sejumlah bit di kirimkan per waktu
Dua buah peranti yang berkomunikasi dapat
memiliki salah satu dari tiga kemungkinan arah
transmisi :
l  Simplex menyatakan arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah.
l  Half – duplex menyatakan hubungan dua arah yang hanya dapat di lakukan secara bergantian.
Full – duplex menyatakan hubungan dua arah yang dapat di lakukan secara bersamaan

Konfigurasi Jalur Komunikasi, yang menentukan cara menghubungkan peranti – peranti yang hendak berkomunikasi, dapat di bedakan menjadi :
v  Titik - ke - titik ( point – to point ) menghubungkan secara khusus  dua buah peranti yang hendak berkomunikasi. Model seperti ini dapat di terapkan pada dua buah komputer yang berkomunikasi melalui kabel paralel.
v  Multititik ( Multipoint ) menyatakan hubungan yang memungkinkan sebuah jalur dapat di gunakan oleh sejumlah peranti yang berkomunikasi. Model seperti ini antara lain di temukan pada jaringan yang menggunakan topologi bus.
Berdasarkan cara data dikirimkan dari satu piranti ke piranti lain, ada dua mode transmisi yang digunakan , yaitu transmisi asinkron dan transmisi sinkron.
·         Transmisi asinkron (asynchronus transmission) mengirimkan data per karakter. Setiap karakter ditandai dengan bit pemulai (startbit), bit pengakhir (stop bit ), serta bit pemeriksa kesalahan. Bit pemulai digunakan untuk memberitahu bahwa pengirim  akan mengirimkan sebuah karakter dan bit pengakihr menyatakan anda bahwa sebuah karakter telah dikirimkan. Biasanya digunakan pada mikrokomputer.
Kelebihan transmisi sinkron : untuk blok data yg panjang, jauh lebih efesien dibandingkan transmisi asinkron
·        Transmisi sinkron (synchronous transmissio) mengirimkan data per blok (sejumlah karakter). Pada bagian awal terdapat field SYN (synchronization) yang berupa sebuah karakter untuk melakukan. Berikutnya, terdapat field STX (start-of-text) yang berupa karakter untuk menyatakanai bahwa karakter selanjutnya adalah data. Diakhir data, terdapat ETX (end-of-text) yang berupa sebuah karakter untuk menyatakan akhir teks. Lalu, BBC (block-check-character) digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesalahan.Kelemahan metode transmisi tak sinkron adalah hanya cocok digunakan untuk laju transmisi yang rendah dengan dua penyebab sebagai berikut:
·   Bahwa clock yang beroperasi bebas hanya memenuhi syarat pada laju yang rendah.
·   Adanya bit awal dan bit akhir mengurangi efisiensi pengiriman bit sebesar 20 %.
 Pada aplikasinya, saluran tak sinkron banyak digunakan un-tuk komunikasi terminal-terminal dalam lingkungan rumah (within house}
            Pensakalaran adalah hubungan antara dua simpul yang berkomunkasi didalam suatu jaringan. Macam-macam pensaklaran :
1.      Pensaklaran Rangkaian (circuit switching)
            Hubungan komunikasi antara dua orang tidak dibentuk secara permanen, melainkan dibentuk melalui pusat pensaklaran (switching center) atau yag biasa disebut sentral telepon otomat. Rangakaian yang terbentuk ini tersedia selama hubungan berlangsug dan akan terputus jika salah satu pihak menghentikan hubungan. Teknik ini biasa digunakan pada jaringan telepon.Kentungannya adalah dapat menghilangkan kebutuhan alamat simpul pengirim dan simpul penerima setelah hubungan terbentuk.
2.      Pensaklaran Paket (packet switching)
            Teknik ini mengirimkan data ke media transmisi dalam bentuk kumpulan paket.Setiap pesan yang dikirimkan ke jaringan pertama kali harus dipecah menjadi sejumlah paket sebelum dimasukkan ke jaringan.Setiap paket dikirimkan secara terpisah dan dapat melalui sejumlah simpul.Di bagian penerima, paket-paket yang diterima dirakit kembali sehingga diperoleh data seperti keadaan pengirim.Standar untuk pensakalaran paket yaitu X. 25, yang ditetapakan oleh CCITT.
3.      Pensaklaran Paket Cepat (fast packet switching)
          Dua teknologi baru dari pensaklaran paket yaitu frame relay dan cell relay, kedua teknologi ini disebut sebagau pensaklaran paket cepat karena mendukung kecepatan yang lebih tinggi dari pada pensaklaran paket tradisional.



0 komentar:

Posting Komentar