JENIS PERANTI MASUKAN
Peranti masukan( input device) merupakan
perangkat keras komputer memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer.
Dalam hal ini, dapat berupa huruf, angka, gambar,suara, audio-video, dan bahkan
gerakan.
PERANTI PENGETIKAN
Peranti pengetikan dapat dipergunakan untuk
memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam
sistem komputer adalah keyboard.
Peranti pengetikan lain adalah ATM ( Automated Teller Machine ) yang dipakai
sebagai mesin pengambilan uang dan POS ( Point-of-Sale ) yang digunakan pada
toko dan swalayan.
Keyboard
merupakan peranti pemasukan data yang yang
dapat merubah huruf,angka ataupun kode lain menjadi isyarat yang dapat di
proses komputer.Keyboard paling umum
dipergunakan sebagai peranti pemasukan dan merupakan peranti yang paling lama
dipergunakan setelah perkembangan komputer.
Tombol Pengetikan
Keyboard
memiliki berbagai macam bentuk, tetapi tat letak atau angka pada tombol –
tombol pengetikan menyerupai tata mesin ketik tradisional atau yang sering
disebut dengan sistem QWERTY ( istilah diambil dari sederetan tombol – tombol
kiri teratas pada mesin ketik ).
Pembuat susunan keyboard ini adalah Christopher
Latham Sholes.Karena pada saat
Sholes menciptakan mesin Ketik, susunan hurufnya dibuat urut berdasarkan huruf
latin, sehingga memungkinkan kita mengetik lebih cepat, namun susunan demikian
sering menimbulkan masalah. Sering kali saat tombol ditekan, batang-batang
huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih
sering diakibatkan batang-batang itu saling mengait (jamming). Atas saran James
Densmore rekan bisnisnya, ia sholes harus mencari kombinasi huruf lain agar
masalah ini dapat terselesaikan.
Karena
bingung memikirkan solusinya, Sholes justru mengacak-acak urutan itu sedemikian
rupa, sehingga terciptalah kombinasi yang dianggap paling sulit untuk mengetik,
dengan tujuan agar tidak terjadi kegagalan mekanik, dan terciptalah suatu
urutan QWERTY ini pada mesin ketik. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah
yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).\
Sebenarnya ada
beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK
(American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr.
August Dvorak sekitar tahun 1940.
Secara
penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan
lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk
karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat
itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan
keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American
National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai
versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970.
Susunan
keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang
dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara
Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.
Tombol angka
Keyboard
biasanya juga memiliki tombol -
tombol angka khusus yang tata letaknya menyerupai tata letak angka pada
kalkulator. Bagian yang sering disebut sebagai Numeric Keypad, yang bias
terletak pada sebelah kiri keyboard.
Tombol fungsi
Tombol fungsi pada Keyboard terdiri atas sederetan tombol ,
F1,F2 , sampai F12 yang biasa terletak di bagian paling atas. Kegunaan tombol
fungsi ini tergantung pada flikasi atau sistem operasi yang sedang dijalankan.
Tombol kontrol
Keyboard
juga dilengkapi dengan tombol kontrol yang gunanya untuk mengendaliakan gerakan
kunsor atau layar. Sekalipun Keyboard laptop
memiliki susunan yang agak berbeda dengan Keyboard
desktop namun biasanya jenis – jenis tombol ini dimiliki juga.
Cara Kerja Keyboard
Dibagian bawah Keyboard terdapat rangkayan listrik yang disebut key matrix.
Rangkaian ini terputus – putus di setiap bawah tombol. Penekanan terhadap suatu
tombol Keyboard akan mengakibatkan
rangkaian tersebut menjadi terhubung dan menimbulkan aliran listrik yang di
bantu oleh prosesor komputer.
Peta karakter ini dapat diganti oleh
perangkat lunak, misalnya pada perangkat lunak yang menghendaki agar tata Keyboard QWERTY diubah menjadi DVORAK,
atau kombinasi kunci tentu mempunyai arti yang berbeda. DVORAK adalah sistem
tata letak Keyboard yang disusun
berdasarkan keseringpakaian huruf.
Teknologi keyboard
Berdasarkan teknologi switch
rangkaian listrik, ada berdasarkan macam teknologi Keyboard,antara lain adalah :
·
rubber
dome mechanical
·
capacitive
non-mechanical
·
metal
contach mechanical
·
membrene
mechanical
·
foam
element mechanical
pada
jenis-jenis mekanis, saklar akan menghubungkan rangkaian yg terputus. Pada
jenis capacitive non-mechanical, dalam rangkayan selalu ada aliran listrik.
Penekanan tombol akan membuat peringatan di bawah tombol tersebut mendekati
rangkayan dan mempengaruhi aliran listrik. Aliran inilah yang dipantau oleh
prosesor dengan pola karakter di ROM.
ATM (Aoutomatik Teller Machine) atau yang biasa disebut anjungan mandiri
biasa digunakan dalam perbankan. Peranti
ini memungkinkan kita trangambilan uang tunai. Pembayaran berbagai jenis
tagihan. Transfer uang, bahkan di beberapa lokasi di kota besar memungkinkan
untuk memesan tiket kereta api.
POS atau point - of- sale merupakan peranti yang digunkan pada tokoh –
tokoh untuk memasukan data pembelian. Biasanya peranti ini selain berisi tombol
seperti keyboard lengkap dengan angka
– angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkanuntuk memperoses kartu
kredit.
PERANTI
PENUNJUK ( POINTING DEVICE )
Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul
dilayar monitor. Saat ini, peranti penunjuk bnyak dimanfaatkan terutama pada
aplikasi yang berbasis gambar, karena memilih perintah dengan peranti penunjuk
lebih mudah dari pada harus mengiatkan perintah yang harus diketik lewat keyboard.
Mouse adalah peranti penunjuk yang
pada saat digunakan oleh orang – orang yang memakai komputer. mouse adalah perangkat berfungsi menggerakan
pointer, menunjukan perintah atau pada layar monitor. Pada mouse dapat klik
kiri dan klik kanan. Pada klik kiri 1x berpungsi untuk memilih menu atau icon
dan klik kiri 2x untuk membuka menu yang dituju.
Cara Kerja Mouse
Mouse
Optomekanik
Mouse optomekanik adalah jenis mouse
yang mengandung bola. Pada prinsipnya mouse jenis ini akan mendeteksi gerakan
pemakai, untuk diubah sinyal yang dapat dikenali prosesor.untuk itu ,
diperlukan lima macam komponen berikut. Sebuah bola yang terletakdidasar mouse.
Bola tersebut akan bergerak pada saat kita menggeserkan mouse.
Dua roller yang akan berputar pada
saat bola mouse bergerak. Roller pertama akan mengukur arah gerakan ke sumbu x,
dan roller kedua akan mendeteksi arah gerakan sumbu y.
Mouse Optik
Mouse optik menghubungkan sebuah LED merah sebagai pengganti bola mouse.
Cahaya LED ini akan dipantukan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS (
complimentery metal – oxide semiconductor). Sensor ini kemudian mengirimkan
gambaran permukaan ke digital signal procesor (DSP). DSP akan menganalisis
gambar tadi dan menentukan jarak pengeseran mouse, yang kemudian dikirimkan ke
komputer. Berdasarkan data tersebut, komputer akan mengeser posisi kursor mouse
pada layar. Berdasarkan pola nyla-putus LED tersebut , komputer akan mengetahui
jarak penggesran LED. Namun , mouse jenis ini lebih susah dipakai dan tidak
dapat dipakai tampa mouse pad khusus. Keunggulan mouse optik dibandingkan mouse
optomekanik :
·
tidak
ada bagian yang harus bergerak, sehingga kemungkinan kegagalan petaran tidak
ada;
·
karena
tertutup penuh, tidak untuk memungkinkan debu ke dalam mouse.
Resolusi
pelacakan cahaya lebih halus sehingga gerakan kursor mouse pada layar juga
semakin halus.
Trackball
Trackball
memiliki pungsi yang sama dengan mouse, yaitu memiliki perintah – perintah
dari menu tampilan garis. Badanya, jika untuk mengeserkan penunjuk mouse
dilayar diperlukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan
dengan memutar bola trackball dengan tanggan pemakai ke arah yang di kehendaki.
Tackball banyak diterdapat pada
komputer laptop dapat mengeser tempat gerak, juga terkadang tidak melakukan
meja sebagai tempat gerak, karena dapat menempel pada komputer laptop.
Pointing stick
Pointing stick atau kadang disebut stylus adalah
alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pensil, yang biasanya
yang terletak pada leptop. Untuk menggeserkan penunjuk pada layar dilakukan
denagan menenkan peranti ini ke arah kita kehendaki. Sebagaian besar Pointing stick dirancang untuk peka
terhadap tekanan.
Touchpad
Touchpad
adalah peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada
layar monitor denagan cara menggeserkan tangan diatasnya. Untuk melakukan
“klik” pada Touchpad biasanya ada tombol
yang terletak didekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk Touchpad tersebut.
Touch
screen (layar sentuh) adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah di buat
sangat peka sehingga sangat memungkinkan pemakai untuk menunjukdan menyentuh
suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.
Layar
sentuh ini biyasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdafat sinar
inframerah tang tidak terlihat.
Contoh: penerapan touch screen yang banyak di
temui adalah pada penunjuk peta di bendara-bendara atau layanan informasi di
beberapa kota besar.
gambar touch screen di gunakan di tablet
Joystick
Joystick
biasa di gunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game), cara kerja
joystick sama seperti cara kerja mouse.
Peranti
Penunjuk Berbentuk Pena
Sistem
berbaris pena elektronik memungkinkan seseorang memilih, memasukan perintah,
dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan , jika menggunakan perangkat
lunak yang dapat mengenali dan menerjemahkan tulisan tangan.
Contoh : pemanfaatan sistem komputer berbasis
pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat di
pegang tangan.
Light
Pen
Light
pen adalah peranti penunjuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan
cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya
(fotoelektrik).
Contoh : pengamatan light pen adalah pada
alat pengendalian lalu lintas udara pada bendara. Light pen biasa digunakan
untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat. Caranya adalah
dengan menunjukan peranti masukan ini pada objek tertentu yang muncul pada
radar.
Digitizing
Tablet
Digitizing
Table merupakan salah salah satu peranti digitizer, yaitu peranti yang dapat
mengonversi gambar atau foto menjadi data digital.
PENGAMBILAN
GAMBAR TERFORMAT
Ada berbagai jenis peranti masukan yang dapat di
pergunakan untuk mengambil citra terformat dalam arti bentuk atau format
hurufnya sudah di tentukan.
Termasuk dalam katagori peranti ini adalah
barcode reader, MICR, OMR, dan OGR.
Barcode
Reader
Barcode
adalah pola garis-garis hitam putih yang umum di jumpai pada barang-barang yang
di jual di toko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi
penjualan
Magnetik
Ink Character Recognition (MICR)
MICR
di pergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MIGR yang di cetak dengan tinta khusus pula. MICR
merupakan metode yang dapat menyediakan pemrosesan informasi secara aman dan
berkecepatan tinggi.
Penggunaanya
biyasanya pada cek bank, dengan bagian bawah seringkali sering kali terdiri
atas kararkter dengan bentuk khusus yang berupa nomer cek , nomor pengurutan,
dan nomer account pemiliknya.
Optical
Mark Recognition (OMR)
OMR
adalah peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Contoh pemanfaatan OMR ini adalah
pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru.
Contoh : membaca pensil 2B, selain kecepatan
memperoses juga dari hal ketelitian.
Optikal
Character Recognition (OCR)
OCR
adalah peranti yang dapat membaca teks dan mengonversi ke dalam kode digital
yang nantinya di proses oleh komputer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras
dan perangkat lunak pemanipulasi data.
Alat
OCR ini membantu orang yang tidak bisa membaca dengan mengubah teks menjadi
suara dan bisa juga menerjemahkan teks.
PENGAMBILAN
GAMBAR TIDAK TERFORMAT
Pada perkembangan selanjutnya, diperlukan pengambilan
citra atau gambar yang belum memilki format baku, untuk kemudian data digital
di ambil
Untuk keperluan pengambilan data tidak
terformat ini ada berbagai jenis alat yang dapat dipergunakan termasuk dalam
golongan ini yaitu imege scener, kamera
digital, membaca retina mata, dan pembaca sidik jari.
Image
Scanner
Image
scenner, atau di kenal dengan sebutan scanner saja, merupakan peranti yang dapat
mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan.
Sebagai contoh, dengan perangkat lunak
tertentu seperti omnipage pro (caere corp), atau free OGR.
Kamera
Digital
Setiap
kamera elektronik memiliki sebuah sensor yang dapat mengubah sebuah citra optis
ke isyarat elektronis . kamera untuk siaran TV yang berbasis tabung citra
vidicon yang mahal, digantikan dengan kamera CCD elektronik yang kompak. Dan
sebuah kamera biyasanya menggunakan lensa untuk membuat citra dari sebuah
objek, jika kita meletakan sensor citra di tempat citra optis terbentuk, maka
kita akan dapat menangkap citra yang mirip dengan objek yang bersangkutan.
Resolusi kamera
Resolusi
sebuah kamera ditentukan oleh jumlah piksel yg terdafat dalam larik CCD dan kualitas dari optik pencitraan.
Pembentukan Warna pada Larik CCD Tunggal
Untuk
dapat memporoleh suatu warna citra , maka kita harus mengukur cahaya pada tiga
rentang panjang gelombang yang berbeda , yaitu merah, hijau dan biru (RGB
red,green,blue)
Pola piksel yang paling banyak di jumpai
adalah pola bayer. Pola ini terdiri atas barisan merah , hijau, merah, hijau,
dst, biru, hijau, biru, hijau, dst
Teknologi Kamera 3CCD Warna
Untuk
mengatasi masalh color aliasing pada camera warna larik tunggal tersebut ,
kemudian dipergunakan tiga kamera warna CCD. Cara yang digunakan adalah dengan
menggunakan prisma optimis untuk memisahkan sebuah citra menjadi tiga komponen
warna. Kemudian setiap komponen warna tersebut di tangkap dengan sebuah CCD.
Digital vs. Optikal Zoom
a. Digital zoom : proses zooming dengan
memperbesar pixel gambar dan tidak menambah data
b. Optical zoom : proses zooming dengan
memanfaatkan kombinasi-kombinasi lensa untuk memperbesar gambar.
Pembaca
Retina Mata
Pembaca
retina mata berfungsi untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan
suatu identitas retina mata. Identitas ini lah yang kemudian diperoses oleh
komputer untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu : misalnya memperkenakan
pemakaian untuk memasuki ruangan rahasia.
Pembaca Sidik Jari
Fingerprint reader atau
pembaca sidik jariadalah peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari
seseoran.
Biyasanya alat ini di pergunakan di kepolisian dan di perusahaan.
Suara
Beberapa Jenis peranti yang digunakan untuk menangkap masukan berupa
suara agar dapat diubah menjadi isyarat digital telah tersedia
dipasaran.Penangkap masukan suara biasanya dilakukan melalui mikrofon
(microphone) atau pesawat telepon,namun dalam perkembangannya muncul alat yang
disebut Automatic Speech Recognition(ASR) yang terdiri atas perangkat keras dan
perangkat lunak yang dapat mengenali kata-kata manusia.
Mikrofon
Prinsip kerja mikrofon adalah
pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara,menjadi variasi isyarat
listrik.Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan,yaitu:
1.Mikrofon
Karbon
Merupakan teknologi
yang digunakan pada pesawat telepon pertama kali,sampai saat ini.Bubuk karbon
yang diletakkan pada diafragma plastik atau metal yang tipis akan bergetar pada
saat ada suara yang mengenai diafragma tersebut.Getaran pada karbon tersebut
akan mengubah resistansi karbon yang kemudian akan mengubah-ubah kekuatan arus
yang melaluinya
2.Mikrofon
Dinamis
Mikrofon jenis ini memanfaatkan efek
elektromagnet.Getaran pada diafragma akan menggetarkan magnet atau kumparan
sehingga menimbulkan arus listrik lemah
3.Mikrofon
Pita
Mikrofon ini sebuah pita tipis diletakkan pada
suatu medan magnet.Suara yang menggetarkan pita akan mengubah-ubah arus yang
melaluinya
4.Mikrofon
Kondesor
Mikrofon yang
memiliki sebuah kapasitor di dalamnya.getaran suara akan dapat mempengaruhi
lempeng kapasitor sehingga dapat mengubah kapasitansi dari kapasitor
tersebut.Perubahan ini diperkuat sehingga menciptakan isyarat yang dapat
terukur.mikrofon jenis ini biasanya memerlukan satu baterai kecil untuk menimbulkan
tegangan pada kapasitornya
5.Mikrofon
Kristal
Mikrofon ini
memanfaatkan suatu jenis kristal yang kandungan listriknya dapat berubah pada
saat bentuknya berubah.Dengan menempelkan sebuah diafragma pada kristal
tersebut,akan membuat kristal menghasilkan isyarat listrik pada saat ada suara
mengenai diafragma.
Guna memperoleh suara yang bersih atau untuk keperluan khusus.jeis
mikrofon dikelompokan menjadi:
1.Omnidirectional = Merekam suara dari semua arah
2.Unidirectional = Hanya menyerap suara dari satu arah dan
tidak sensitif terhadap suara sekelilingnya
3.Noisecanceling = Dapat menghilangkan gangguan suara pada
latar belakang
4.Echocanceling = Dapat menghilangkan gema atau umpan balik
yang muncul antara mikrofon
dengan pembicara
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem
ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.Sistem ini memiliki
:
1.fitur penganalilis dapat memisahkan suara orang dengan suara
pengganggu pada latar belakang dan mengubah sinyal digital suara menjadi fonem
2.pengklasifikasi pola
3.pemrosesan bahasa
Jenis
ASR yaitu:
1.Discrete ASR
hanya untuk
mengolah/mengenali kata-per-kata.Jadi pembicara harus memberi jeda antarkata
2.Continuous ASR
Dapat mengolah kata
yang diucapkan manusia secara wajar
3.Speaker-Independent ASR
Bisa digunakan
siapa saja,namun jenis kata yag dapat diolah sangat terbatas
4.Speaker-Dependent ASR
Hanya untuk orang tertentu yang telah
memasukkan terlebih dahulu jenis kata- katanya.Perbendaharaan kata dapat
ditambahkan sewaktu-waktu
Touchtone
Disebut juga DTMF (Dual Tone Multi Frequency) adalah peranti yang dapat
menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau
perintah.Pada praktiknya toucjtone tidak bekerja sendirian,tetapi dirangkai
dengan peranti-peranti lain guna mengendalikan atau menjalankan suatu makro
komputer secara otomatis dari jarak jauh.
Contoh
pemanfaatannya pada fasilitas layanan informasi salo rekening.nasabah hanya
menekan tomboltertentu dan kemudian akan mendapat informasi suara yang
diinginkan.Ada juga pada Active home yang menggunakan media telepon untuk
mengendalikan fasilitas dalam rumah.
Penerapan lebih lanjut
adalah Activehome (www.activehome.com) yang menggunakan media telepon untuk
mengendalikan berbagai fasilatas dalam rumah seperti konci rumah, lampu
penerangan, mesin pembuat kopi ,TV,VCR,DVD Player, menguasai suasan di sekitar
atau di dalam rumah lewat video kamera Xcam2.
Video
Untuk merekam citra bergerak,dipergunakan kamera video sebagai masukan
komputer.Ada berbagai bentuk dari kamera video ini,mulai dari yang kecil tanpa
kabel,yang dapat dipasang untuk mengawasi suatu area tertentu misal pada bank.
Kamera video(video camera recorder atau disingkat camcoder)dapat merekam
citra yang bergerak.Karena gerakan merupakan isyarat analog,isyarat ini perlu
diubah menjadi isyarat digital agar dapat dimasukan ke dalam
komputer.Pengubahan ini dilakukan oleh kartu video capture yang dipasang pada
komputer.Kamera video dapat merekam sampai 30 frame per detik sehingga dapat
memberikan efek kontinyu pada gerakan citra.
Gerakan
Untuk
memantau gerakan manusia,yang banyak dimanfaatkan pada virtual
reality.dipergunakan peranti-peranti yang bernama glove,headset dan walker
Headset
Headset adalah peranti yang dipasang pada kepala,menutup mata,yang
digunakan untuk menangkap,merekam gerakan kepala,serta menayangkan berbagai
macam gambar ke mata pemakai.
Oculus Rift
Oculus Rift tampak seperti sepasang kacamata ski. Di dalamnya terdapat
dua lensa, satu untuk setiap mata, yang mengarah pada layar LCD tunggal. Layar
akhir akan menjadi 7 inci, sedang prototipe yang diuji 5,6 inci. Layar itu
memberikan dua gambar terpisah, satu untuk masing-masing mata, sehingga
pengguna mendapatkan stereoscopic 3-D.
Oculus Rift headset merupakan sebuah terobosan terbaru dalam dunia video
game dimana para gamer akan dibuat serasa berada dalam dunia game. Alat
tersebut berfungsi sebagai monitor namun perbedaannya adalah monitor tersebut
merupakan sebuah kacamata yang menempel di kepala Anda. Jadi Anda akan merasa
berada di dalam dunia game.
Inilah
yang menakjubkan, yakni sensor di accelerometer dan gyroscope yang masuk ke
dalam game PC. Ketika pengguna memutar kepala, pandangannya bergerak hampir
sempurna dengan alat ini, 360 derajat, serta pandangan ke atas dan ke
bawah."Hal ini pengalaman interaktif yang paling mendalam yang pernah saya
lihat," ujar Dan Nosowitz dari Popular Science.
Situs
Oculus mengatakan Rift menggunakan teknologi pelacakan khusus yang membuat
latency pelacakan kepala 360 derajat sangat rendah sehingga memungkinkan
pengguna secara mulus melewati dunia maya seperti di kehidupan nyata. Setiap
gerakan halus kepala pengguna dilacak secara real timesehingga menciptakan
pengalaman alami dan intuitif.
Perangkat
canggih ini bekerja seperti sebuah peripheral. Anda menghubungkan ke komputer
Anda dan bermain game PC dengannya. Ia membutuhkan sebuah PC gaming
berkemampuan besar pada saat ini. Oculus Rift dimulai sebagai proyek hobi
Palmer Luckey. Pria ini mengawali idenya dengan membongkar smartphone dan
lantas membuatnya sebagai pendahulu Oculus Rift.
Glove
Glove berbentuk seperti sarung tangan.digunakan untuk merekam jenis
serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.Penggunaan glove digambarkan
dalam film berjudul “Congo”.Pada Film tersebut Amy(sang gorila) menggunakan
bahasa tanda dan sarung tangan untuk berkomunikasi dengan manusia.
Walker
Walker digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki,termasuk arah
kakiberputer.Peralatan ini biasa digunakan bersama headset dan glove.
Sensor
Sensor adalah peranti yang dapat
mengambil data langsung dari lingkungan.Data ini berupa data khusus yang
langsung dimasukkan ke dalam komputer.Contoh pemanfaatannya yaitu pada
pendeteksi gunung berapi,detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya,pada pesawat
untuk mendeteksi perubahan angin yang mendadak.Pada kedokteran untuk mengukur
suhu badan,dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga.Contoh penggunaan
sensor untuk masukan dalam rumah tangga yaitu Hawkeye,yang dapat digunakan
untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan
gerakan.Selanjutnya,masukan ini dapat digunakan untuk menjalankan suatu makro
yang telah anda siapkan,misalnya untuk menyala-matikan lampu secara otomatiks
pada saat ada seseorang masuk atau keluar dari ruangan.Alat ini juga bisa
digunakan untuk mengatur AC,memutar lagu,dan lain-lain secara otomatis. Radio Frequency Identification Device
(RFID)
RFID adalah peranti yang
memanfaatkan gelombang radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli
RFID tersebut ke peranti pelacak RFID.RFID memiliki kelebihan dalam hal
keamanan,karena perantinya sulit dipalsukan.Selain itu,peranti RFID tidak
memerlukan media kabel penghubung dan tidak memerlukan area lurus bebas
pandang,sehingga sangat sesuai untuk memonitor sesuatu yang bergerak.RFID dapat
memantau sesuatu dengan radius yang ervariasi tergantung kepada kekuatan
pemancarnyaContoh penerapan RFID adalah sebagai berikut:
1.penarikan biaya tol secara elektonis dan
otomatis
2.pengidentifikasian dan melacak jaluur
kereta
3.pemantauan transportasi truk kontainer
4.aplikasi pengelolaan kesehatan dan logistik
5.pengidentifikasi hewan
6.pelumpuhan mobil untuk alasan keamanan
7.otentikasi dokumen
Teknologi RFID biasanya menggunakan daerah frekuensi sekitar 30 kHz
sampai 500 KHz untuk frekuensi rendah, yang hanya memiliki daya jangkau
pelacakan sangat terbatas,namun sistemnya lebih murah.RFID berfrekuensi
tinggi,biasa bekerja pada frekuensi 850 MHz sampai 950 MHz,dan 2,4 GHz sampai
2,5 GHz.Sistem ini memiliki daya jangkau pelacakan yang lebih tinggi dan
kecepatan baca juga lebih tinggi,tetapi lebih mahal.Sistem ini biasa digunakan
untuk mmengontrol barang keluar,melacak kereta api.dan penarikan bayaran
otomatis pada jalan tol.
Sebuah
sistem RFID biasanya memiliki komponen-komponen seperti berikut:
1.Peranti RFID (transponder atau tag) yang
berisi berbagai data tentang benda atau sesuatu yang ditempeli transponder
tersebut
2.Antena untuk mentransmisikan sinyal RF dari
peranti RFID ke peranti RFID ke peranti pembaca RFID
3.Transceiver pembangkit sinyal RF
4.Peranti pembaca yang menerima transmisi
RF.peranti ini kemudian menyampaikan data yang diperolehnya ke sistem komputer
untuk diproses
5.aplikasi atau perangkat lunak yang
dipergunakan untuk mengolah data yang
diperoleh.
Tag RFID memiliki dua kategori yaitu
aktif dan pasif.Tag RFID yang aktif biasanya menggunakan baterai dan dapat
merupakan peranti read/write,bahkan pada beberapa sistem memiliki memori hingga
1 MB.Kelebihan RFID jenis aktif ini,biasanya daya jangkau pelacakannya lebih jauh,karena
memiliki daya sendiri.Namun kelemahannya bentuknya lebih besar,harganya lebih
mahal dan usianya lebih pendek,karena tergantung kepada jenis baterai dan
temperatur tempat tag berada.Tag RFID pasif dapat beroperasi dengan
memanfaatkan daya yang diperoleh dari peranti pembaca RFID.Tag ini lebih
ringan,lebih murah,dan tahan lama.Namun kelemahan tag ini daya jangkauannya
lebih pendek,serta rangkaian datanya hanya memiliki panjang tertentu yang
sangat terbatas.
Pembaca Kartu Magnetik
Kartu magnetik berbentuk seperti kartu kredit
yang dilengkapi dengan pita magnetik.Pada pita magnetik inilah data tertentu
dapat diletakkan.Data yang ditempatkan pada pita ini dapat berupa nomor induk
pegawai,identitas bank dan nomor rekening nasabah, dan lain-lain.Dengan
menggunakan pembaca kartu magnetik (magnetic card reader atau MCR).data pada
pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.Contoh penggunaan kartu
magnetik adalah pada kartu ATM.Pada mesin ATM inilah terdapat pembaca kartu
magnetik.
Pembaca Kartu Cerdas
Smart card (kartu cerdas) adalah
sebuah komputer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung
prosesor,RAM dan ROM, dan bahkan sistem operasi dengan keamanan yang sangat
tinggi.Di Indonesia kartu cerdas dipakai antara lain untuk kartu telepon
prabayar dan kartu kredit.
Pembaca Kode QR
Kode QR (berasal dari “Quick
Response”) adalah barcode dua dimensi yang banyak digunakan ditempelkan di
dalam sebuah produk contoh pada majalah,koran dsb.Kode ini awalnya digunakan di
industri otomatif di Jepang.Kode QR dapat menampung hingga 4296 karakter dan
distandarisasi di bawah ISO18004
Beberapa situs web menyediakan
fasilitas untuk membentuk kode QR,misalnya www.qrstuff.com.Adapun untuk membaca
kode QR,ponsel bisa dimanfaatkan.Program untuk membaca kode QR bisa diunduh
salah satunya di play store seperti Barcode Scanner dan NeoReader.
0 komentar:
Posting Komentar