Sabtu, 13 Desember 2014

Kecerdasan buatan

AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan adalah salah bidang study yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Pengertian lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. Bisa dikatakan Secara awam kecerdasan buatan diterjemahkan sebagai sebuah sistem saraf, atau sensor atau otak yang diciptakan oleh sebuah mesin. Sebenarnya kecerdasan buatan merujuk kepada mesin yang mampu untuk berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia.
1.    Berbagai definisi AI:

1.      Schalkoff (1990)
Al adalah bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proses komputasi
2.      Rich dan Knight (1991)
Al adalah studi tentang cara membuat komputer melakukan sesuatu yang, sampai saat ini, orang dapat melakukannya dengan baik


3.      Luger dan Stubblefield (1993)
Al adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi perilaku yang cerdas
4.      Haag dan Keen (1996)
Al adalah bidang studi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan, dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia
Winston dan Predergast (Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999) mengungkapkan bahwa tujuan Al meliputi :
1) Membuat mesin lebih pintar
2) Memahami kecerdasan dan
3) Membuat mesin lebih berguna
Sejarah Kecerdasan Buatan (AI)
Kecerdasan Buatan termasuk bidang ilmu yang relatif mudah. Pada tahun 1950-an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Alan Turing, seoarng matematikawan Inggris pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas. Hasil tes tersebut kemudian di kenal dengan Turing Tes, dimana si mesin tersebut menyamar seoalah-olah senagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan. Turing beranggapan bahwa, jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomuniaksi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tesebut pintar (seperti layaknya manusia).
Kecerdasan Buatan sendiri di munculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John McCarthy pada tahun 1956 pada Darthmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI. Pada konferensi tersebut juga di definisikan tujuan utama dari Kecerdasan Buatan, yaitu: mengetahui dan memodelkan  proses-proses berfikir manusia dan mendesain agar rapat menirukan kelakuan manusia tersebut.
Beberapa program AI yang mulai dibuat pada tahun 1956-1966, antara lain:
1.Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
2.Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang di dengar dalam sebuah percakapan.
3.ELIZA, diprogram oleh Joseph Wnbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Bidang-bidang Aplikasi Al
1.    Pengolahan Bahasa Alami
Bidang AI yang berurusan dengan dengan pemahaman bahasa
2.    Visi Komputer
Suatu bidang AI yang berurusan dengan pengenalan terhadap suatu objek dan kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan.
3.   Pengenalan Percakapan
Suatu proses yang memungkinkan computer dapatmengenali suara
4.  Robotika
Peranti elektomekanik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan manusia.
Beberapa contoh Robot:
a.       Scrubtame: robot yang dapat membersihkan kamar mandi.
b.      Sojurner: kendaraan robot beroda enam yang digunakan NASA pada tahun 1997   dalam eksplorasi diplanet mars.
c.        SICO: digunakan pada sebuah rumah sakit di New York.
5.  Sistem Pakar
System yang meniru kepakaran dalm bidang tertentu dalam meyelesaikan suatu permasalahan.
6.   Logika Kabur
Suatu teknik yang digunakan untuk menangani ketidak pastian pada masalah-masalah yang memiliki banyak jawaban.
7.   Jaringan Syaraf
Suatu bidang AI yang meniru pola pemprosesan dalam otak manusia yang berbasis pada pengenalan pola.
8.   Algoritma Genetika
Suatu pendekata yang meniru kemampuan makhluk hidup dalam beradaptasi dengan lingkungan sehinggan terbentuk proses evolusi untuk menangani masalah dengan baik
9.   Sistem Al Hibrida
System yang menggabungkan beberapa teknologi AI untuk memeanfaatkan atau memadukan keunggulan masing-masing teknologi.
10.   Agen Cerdas
Perangkat lunak yang dapat bertindak seperti orang dapat berinteraksi dengan lingkungan.
Contoh:
a.        Agen Sistem Operasi
Digunakan untuk membantu penggunaan system operasi. Contoh Microsoft.
b.       Agen Spreadsheet
Membuat program untuk mempermudah pemakai. Contoh Office Assistant pada excel.

Topik-topik lain
a. Cyborg
Adalah campuran antara mesin dan makhluk hidup.
b.Artificial Life
Bidang studi yang mempelajari dan memahami kehidupan biologis dengan cara melakukan perpaduan dengan bentuk kehidupan buatan.
c.Pembelajara Mesin
System yang secara otomatis dapat meningkatkan kinerjanya melalui pengalaman. Seperti halnya manusia computer diharapkan dapat belajar dari waktu kewaktu.



0 komentar:

Posting Komentar